React Native : Penjelasan, Kelebihan, Kekurangan

Pengertian React Native

React Native adalah sebuah framework milik JavaScript yang biasa dikembangkan oleh platform Facebook untuk membuat aplikasi pada Android atau juga iOS. Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa membuat aplikasi berbasis Android atau iOS bukanlah perkara yang mudah. Kegiatan tersebut pasti membutuhkan coding khusus yang akan memakan waktu cukup lama.

Dengan menggunakan React Native, Anda sudah tidak perlu membuat aplikasi hybrid yang akan memakan waktu cukup lama. Bahkan, ia juga memungkinkan Anda untuk melakukan kompilasi aplikasi ke native code pada iOS atau juga Android. Bagi Anda para web developer tentu saja hal ini sangat cocok terlebih jika ingin menghemat anggaran yang ada.

 

Cara Kerja React Native

© Pexels.com

React Native adalah framework yang ditulis dengan campuran bahasa JavaScript dan JXL, sebuah kode markup khusus yang menyerupai XML. Framework ini memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan kedua ranah sekaligus, yaitu threads yang berbasis JavaScript dan threads dari native app. cara komunikasi React Native menggunakan apa yang disebut dengan “bridge” atau jembatan. JavaScript dan threads native memang ditulis dengan dua bahasa pemrograman yang berbeda. Namun, fitur bridging dari React Native tetap memungkinkan untuk komunikasi dua arah. Itu artinya saat pengembang sudah memiliki aplikasi Android atau iOS, mereka masih tetap bisa menggunakan komponennya saat menggunakan React Native.

 

Kelebihan React Native

Sama seperti framework dan aplikasi lain pada umumnya yang pasti memiliki kelebihan khusus yang membuatnya berbeda dengan yang lain. Setelah Anda mengetahui pengertiannya secara umum sekaligus juga cara kerjanya. Pada pembahasan kali ini, Anda akan mengetahui beberapa kelebihan React Native yang bisa menjadi pertimbangan saat akan menggunakannya:

·       Kode yang Digunakan Lebih Mudah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, framework yang satu ini cocok bagi para web developer terlebih untuk memudahkan pekerjaan mereka. Pasalnya, kode yang digunakan jauh lebih mudah dan simpel yang akan membuat Anda akan merasa sangat familiar dengan framework yang satu ini. Anda juga tidak perlu menguasai bahasa pemrograman lain untuk bisa menjalankan aplikasi di dua sistem operasi sekaligus.

·       Banyak Digunakan Perusahaan Besar

Perlu Anda ketahui bahwa meski tergolong baru, framework satu ini tercatat telah digunakan oleh berbagai perusahaan besar. Contohnya saja Instargram, Facebook, Baidu dan AirBnB yang ternyata sudah lama menggunakan framework ini. Terlebih ternyata Facebook sendirilah yang telah mengembangkannya.

·       Lebih Hemat Anggaran

Selain cocok untuk para web developer, framework yang satu ini juga cocok bagi para web developer yang ingin menghemat anggaran pengeluaran. Mengapa demikian? Pasalnya, untuk mengembangkan aplikasi, Anda hanya perlu mempelajari JavaScript yang sekaligus bisa dijalankan pada dua sistem operasi yang berbeda sehingga Anda hanya membutuhkan satu developer saja untuk melakukannya.

·       Cocok Untuk Startup

Bagi Anda para pendiri startup, framework yang satu ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda sudah tidak perlu merekrut dua developer sekaligus untuk membuat mobile apps yang menguasai bahasa pemrograman yang berbeda. Lebih mudah dan terjangkau bukan?

 

Kekurangan React Native

Selain kelebihan, aplikasi atau framework seperti yang dibahas kali ini tentunya juga memiliki beberapa kelemahan yang melengkapinya. Sesuaikan kelebihan dan kelemahan yang dimiliki framework atau aplikasi yang ada agar Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan yang Anda miliki. Berikut adalah beberapa kekurangan React Native yang perlu Anda ketahui:

·       Performa Yang Terbatas

Performa menjadi salah satu faktor yang memang menjadi penentu apakah sebuah platform atau aplikasi dapat diandalkan dengan baik. Sebagai framework seumur jagung yang memang baru saja dikembangkan, performa menjadi salah satu hal yang masih sering dipertanyakan oleh beberapa kalangan web developer.

·       Platform yang Dibutuhkan

Kelemahan yang kedua ialah tentang platform yang dibutuhkan. Seperti yang sudah Anda ketahui, untuk membangun dan mengembangkan sebuah mobile app untuk iOS, seorang web developer wajib menggunakan perangkat MAC OS karena sistem tersebut hanya tersedia pada Macbook. Jadi, Macbook adalah salah satu yang setidaknya perlu Anda miliki atau gunakan.

·       Perkembangan JavaScript yang Cepat

Perlu Anda ketahui bahwa ternyata JavaScript merupakan salah satu kelemahan yang dimiliki oleh aplikasi yang satu ini. Mengapa demikian? Karena JavaScript memiliki perkembangan yang sangat cepat sehingga menimbulkan efek tersendiri untuk React Native yang tentunya tidak dapat dilakukan atau digunakan sesuai dengan performa yang ada.

·       Perubahan Framework yang Cepat

Sama seperti yang ada pada JavaSvript, React Native pun merupakan framework yang memiliki perkembangan begitu cepat yang menjadi kelemahan bagi performanya sendiri. Jadi, bagi para web developer perlu menimbang berbagai kemungkinan yang akan muncul.

 

Reference

https://www.dewaweb.com/blog/apa-itu-react-native/

React Native : Apa itu, Penjelasan, 10+ Kelebihan dan Kekurangan

React Native, Framework yang Jadi Topik Hangat di Kalangan Developer

geoxoutlet guardianialberto fracominasaldi mandarinaduckoutlet mandarinaduckoutlet akutrekkingshop ynotoutlet donkeywinkekatze chilloutsmutze vondutchmutzen ovyescarpe benettonoutlet negozigeox andcamiciesaldi blaineharmont

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *